Kerjaan Bikin Stres? Ikuti Tips-tips Ampuh Kurangi Stres di Kantor Ini!

Kerja
Sumber :
  • freepik.com

OlretStres di kantor memang tak hanya disebabkan beratnya beban kerja saja. Rekan kerja yang kurang kooperatif, memiliki masalah di rumah, dan kejenuhan juga merupakan hal-hal yang bisa memicu stres di kantor.

Puasa Protein Dikaitkan dengan Kehilangan Otot, Para Ahli Memperingatkan

Stres yang berkepanjangan jika tidak diatasi akan membuat kesehatanmu terganggu, akibatnya produktivitas pun menurun.

Nah, jika kamu sudah merasakan tanda-tanda stres, mulailah benahi rutinitasmu di kantor dengan tips-tips berikut.

Apa yang Terjadi Jika Kamu Makan 2 Butir Telur Sehari?

1. Atur Jadwal dengan Baik

Buatlah jadwal harian yang tertata dengan baik. Lalu, usahakan berangkat ke kantor lebih awal beberapa menit agar dapat mempersiapkan diri.

Peran Ayah Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak

Selain itu, biasakan mendahulukan tugas-tugas yang lebih sulit di awal waktu bekerja supaya kamu tidak terbebani tugas berat tersebut ketika sedang menjalankan tugas lain. Pada jam-jam awal bekerja juga biasanya kamu masih segar dan bersemangat daripada di tengah atau menjelang jam kerja berakhir.

2. Sesekali Coba Gerakkan Badan

Terlalu lama duduk di kursi menghadap komputer kadang menjenuhkan. Apalagi jika pekerjaanmu tidak kunjung beres. Baiknya manfaatkan waktu luang saat jam istirahat untuk olahraga ringan seperti turun naik tangga, berjalan-jalan di sekitar kantor, atau senam ringan di ruang kerja.

Menggerakkan badan dapat menghilangkan pegal-pegal terutama pada leher, pinggang, dan punggung.

3. Menikmati Camilan

Ada kalanya tugas yang kamu kerjakan membutuhkan banyak waktu dan energi. Akibatnya kamu kelelahan dan tidak mampu menuntaskannya dengan baik. Istirahatlah sejenak sambil menikmati camilan untuk mencegah stres.

Kamu bisa menikmati camilan sehat seperti buah-buahan potong, cokelat, atau biskuit rendah lemak.

4. Mengobrol Santai dengan Rekan Kerja

Ngobrol dengan teman bisa menjadi hiburan saat otak lelah bekerja. Bincangkan topik ringan dan bergurau sejenak dengan teman dapat mengistirahatkan otak dari beban kerja yang banyak.

Jika memiliki masalah yang membuatmu stres, kamu juga perlu mencari teman untuk sekadar bercerita agar tidak sampai hal itu mengganggu fokus pada pekerjaanmu.

5. Kamu Juga Bisa Mengalihkan Pikiranmu Sejenak Dengan Kegiatan Lainnya

Ketika stres sudah mulai melanda, biarkan pikiran teralihkan menuju hal lain yang menyenangkan sejenak.

Halaman Selanjutnya
img_title