Hati-Hati! 5 Mobil Bekas Murah yang Bikin Boncos di Bengkel: Bukan BMW
- Olx
Jakarta, Olret – Waspada! Mobil bekas murah ini (bukan BMW) ternyata biaya perawatan & perbaikannya bisa bikin boncos! Simak daftar 5 mobil seperti Captiva, 408, Fiesta, CX7, & X-Trail beserta jebakan finansialnya sebelum beli!
Membeli mobil baru di tengah melambungnya harga seperti saat ini memang menjadi tantangan finansial yang berat. Solusinya, banyak yang beralih ke pasar mobil bekas. Namun, di balik harga beli yang menggiurkan, tersembunyi potensi "jebakan finansial" berupa biaya perawatan dan perbaikan yang bisa menguras kantong.
Berbeda dari anggapan umum bahwa hanya mobil mewah seperti BMW yang mahal perawatannya, beberapa mobil bekas non-premium berharga murah justru terkenal "makan biaya" besar di bengkel.
5 Mobil Bekas Murah yang Bikin Boncos di Bengkel
Berikut 5 mobil bekas murah yang perlu diwaspadai karena potensi biaya servisnya yang tinggi:
1. Chevrolet Captiva Diesel (2012-2015): Mewah Tapi Penyakitan
- Harga Bekas: Mulai Rp 85 jutaan.
- Dayap Tarik: SUV mewah, mesin diesel bertenaga, bisa pakai solar biasa.
- Jebakan: Terkenal "penyakitan", terutama masalah injektor (Rp 6 juta per unit) dan turbo (belasan juta). Kerusakan seringkali berantai (injektor rusak tarik turbo rusak). Konstruksi Amerika dengan ukuran baut ganjil menyulitkan bengkel umum, sering harus ke spesialis dengan biaya tinggi (bisa setara/sama mahal dealer). "Mobil ini akan bikin kalian boncos dalam hal perawatan."
2. Peugeot 408: Eropa Murah, Suku Cadang Langka
Peugeot 408: Eropa Murah, Suku Cadang Langka.
- Olx
- Harga Bekas: Sekitar Rp 60 - 70 jutaan.
- Dayap Tarik: Gaya Eropa dengan harga terjangkau.
- Jebakan: After-sales dan ketersediaan suku cadang sangat sulit di Indonesia. Banyak part harus impor atau lewat importir umum. Penyakit umum: coil ignition mudah jebol (Rp 1,5 juta/pc), kaki-kaki "ringkih", dan masalah elektronik rumit. "Merawat mobil ini bisa menjadi jebakan finansial... ujung-ujungnya kalian akan menyesal."
3. Ford Fiesta (1.6L & Ecoboost): Gaya Ok, Transmisi & Part Bermasalah
Ford Fiesta (1.6L & Ecoboost).
- Olx
- Harga Bekas: Di bawah Rp 100 juta (2014 ke atas).
- Dayap Tarik: Desain keren, interior menarik, harga terjangkau.
- Jebakan: Transmisi dual-clutch bermasalah (biaya perbaikan belasan hingga Rp 20 juta), terutama jika sering macet. Harga part sangat mahal (baik ori maupun KW). Aftermarket jarang. Versi Ecoboost tambah masalah: turbo drop, throttle error, sensor error. "Partnya susah... bengkel yang mau ngerjain juga susah... harus ke spesialis."