Sering Menunda Tugas? Ini 4 Tips Menghentikannya Menurut Psikologi
- Unsplash/Nubelson Fernandez
Olret – Kamu pernah melihat orang yang gemar menunda mengerjakan tugas dan hanya mengerjakan saat sudah mepet deadline? Atau jangan-jangan kamu juga pelaku kebiasan buruk ini? Dokter Fadli Rizal Makarim melalui laman halodoc.com mengemukakan seseorang menunda pekerjaan bukan hanya karena malas, tetapi bisa jadi mereka masuk ke dalam kelompok prokrastinasi.
Prokrastinasi sendiri merupakan kondisi psikologis di mana seseorang baru mengerjakan tugas hanya pada saat tertentu setelah mendapat cukup motivasi. Tentunya ini bukan hal baik. Kemudian seringkali orang yang gemar menunda pekerjaan dilabeli negatif atau pemalas oleh orang di sekitarnya.
Namun, tenang. Kamu tidaklah sendirian. Sebab kebiasaan menunda pekerjaan ini kerap dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. Kendati demikian, kamu tidak boleh terus-terusan mengalami prokrastinasi karena dapat menurunkan produktivitas. Buatmu yang ingin berhenti dari menunda-nunda pekerjaan atau prokrastinasi, berikut tips dari psikolog yang telah dirangkum dari laman ndtv.com.
1. Pecah Tugas Jadi Potongan Kecil
Membagi tugas menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dapat membuatmu merasa lebih ringan mengerjakannya. Dengan demikian, otak kita jadi lebih mudah fokus dan tidak mengalami kewalahan.
Misalkan kamu ingin menulis artikel, kamu bisa buat dulu kerangkanya kemudian tulis paragraf pembuka dan lanjutkan dengan menulis per bagian kecil.
2. Singkirkan Gangguan
Saat kamu mengerjakan tugas, hendaknya kamu menyingkirkan semua gangguan terutama ponsel. Kamu bias matikan notifikasi dan gunakan mode DND (Do Not Disturb/jangan ganggu). Karena jika satu notifikasi saja bisa membuyarkan fokusmu dan tanpa sadar kamu sudah scroll Tiktok selama 3 jam.
3. Apresiasi Diri Sendiri
Kamu bisa mengapresiasi diri sendiri (self reward) jika sudah berhasil mengerjakan tugas selama kurun waktu tertentu (misalkan 30 menit – 1 jam). Apresiasi bisa dengan makan snack atau boleh scroll sosial media selama 10 menit.
4. Gunakan Teknik Pomodoro
Teknik pomoodoro adalah teknik membagi tugas menjadi interval fokus 25 menit dan diikuti dengan istirahat 5 menit. Kemudian setelah 4 kali ‘pomodoro’, kamu dapat menaikkan interval fokusnya menjadi 30 menit. Teknik ini dapat membantumu meningkatkan fokus dan mengurangi kelelahan mental akibat terbebani tugas besar.
Selain 4 tips di atas, kamu juga harus paham alasan kenapa tugas tersebut penting untuk kamu kerjakan. Dengan demikian, kamu akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas sesegera mungkin.
Itu tadi 4 tips yang bisa kamu coba agar dapat berhenti dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau prokrastinasi. Semoga informasi ini bermanfaat.