5 Cara Menggunakan Pemasaran Afiliasi YouTube untuk Uang Tambahan
- freepik.com
Olret – Pemasaran afiliasi YouTube adalah model perusahaan online tempat Anda memperoleh pendapatan dengan menambahkan tautan afiliasi untuk produk dan layanan yang Anda rekomendasikan ke video yang Anda buat dan unggah.
Tautan ini ditempatkan di dalam anotasi atau di bawah video di kotak “Deskripsi”. Jadi, ini mirip dengan pemasaran afiliasi tradisional dalam hal cara menghasilkan uang. Satu-satunya hal yang berubah adalah “Platform”.
Anda masih mengumpulkan ulasan produk, tutorial, dll. yang tertaut ke program pemasaran afiliasi yang disediakan. Kecuali Anda melakukan hal yang sama dengan video. Namun prosedur monetisasinya tetap sama – Anda mendapat komisi jika pemirsa membeli sesuatu menggunakan tautan rujukan.
YouTube adalah alat pemasaran yang ampuh karena memberi Anda cara sederhana untuk terhubung dengan audiens target dan berbicara dengan mereka tentang produk dan layanan yang Anda sukai.
Ada berbagai macam video yang bisa Anda posting di channel YouTube Anda kapan pun Anda ingin melakukan penjualan. Mari kita lihat beberapa di antaranya.
1. Ulasan produk atau layanan
Ilustrasi produk sunscreen.
- pexels/moose photos
Jika Anda membeli produk yang Anda sukai atau menemukan layanan yang terbukti bermanfaat bagi Anda, Anda cenderung memberi tahu beberapa orang. Orang yang “normal” akan memberi tahu anggota keluarga atau teman, tetapi Anda sekarang bukan orang normal, melainkan Anda seorang YouTuber sekarang.
Anda akan memberi tahu semua orang yang mau mendengarkan pengalaman Anda dengan produk atau layanan tertentu yang menarik bagi pelanggan sasaran Anda, dan Anda akan mendapatkan komisi ketika mereka memutuskan ingin mencapai hasil atau pengalaman serupa yang Anda dapatkan.
Ada banyak cara untuk melakukan review. Anda mungkin memutuskan untuk meninjau produk yang telah Anda pilih untuk digunakan dan memberi tahu orang lain tentang fitur-fitur penting dan mengapa Anda menyukainya.
Atau Anda bisa mengulas membandingkan berbagai produk yang bisa menjadi solusi, lalu menunjukkan alasan Anda memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Kedua jenis video ini bisa efektif, dan bagian terbaiknya adalah mudah dibuat. Bagikan saja apa yang Anda sukai tentang barang tersebut beserta kekurangan apa pun yang Anda alami.