Definisi Makan Dibayar, YouTuber Asal Korea Selatan Ini Digaji Fantastis

YouTuber Tzuyang dibayar fantastis satu kali iklan produk
Sumber :
  • Instagram/ tzuyang70

OlretYouTuber asal Korea Selatan, Tzuyang, merupakan salah satu YouTuber mukbang populer di dunia, dengan jumlah pengikut mencapai 8 juta orang di kanal YouTube miliknya.

Omara Esteghlal dan Prilly Latuconsina Nikmati Liburan Romantis di Nami Island, Korea Selatan

Mengutip dari Koreaboo pada Selasa, 18 April 2023, Tzuyang baru-baru ini sukses mengejutkan para penggemar dengan jumlah bayaran fantastis yang ia terima untuk product placement (iklan produk) di videonya.

Tzuyang yang terkenal dengan jumlah porsi makan yang besar, tetapi memiliki tubuh yang kecil, sukses membuat banyak warganet merasa terkejut.

4 Potret Jungkook BTS Saat Memakai Pakaian Militer Korea

Namun, yang lebih mengejutkannya lagi yakni adalah penghasilan yang ia terima dari konten makan yang ia lakukan.

YouTuber Tzuyang dibayar fantastis satu kali iklan produk

Photo :
  • Instagram/ tzuyang70
Potret Jungkook BTS 'All Smiles' Trending di Media Sosial

Menurut laporan dari Money Today, salah satu perusahaan ramen di Korea Selatan mengungkap bayaran yang diterima Tzuyang saat mengiklankan produk di videonya setara dengan bayaran iklan untuk artis top.

Perusahaan ramen tersebut sebelumnya berencana untuk memasang iklan produknya di video Tzuyang, dengan meminta sang YouTuber untuk memasak 10 bungkus ramen dan menunjukkan produk ramen tersebut di videonya.

Biaya iklan produk untuk video berdurasi 15 menit diperkirakan mencapai 100 juta won (sekitar Rp 1,3 miliar).

Mengingat ini adalah kontrak satu kali posting dan bukan kontrak eksklusif, jumlah uang yang diterima Tzuyang setara dengan bayaran iklan untuk selebritis papan atas.

Menurut laporan dari para pakar industri, selebritis yang menandatangani kontrak dengar perusahaan makanan besar di Korea Selatan, seperti Kim Yuna dan aktor Gong Yoo dibayar sekitar 1 miliar won (Rp 11,2 miliar) per tahun.

Bayaran tersebut menuntut sang artis untuk melakukan sejumlah kampanye produk, termasuk iklan TV, promosi media sosial, dan sejumlah promosi lainnya.

Sementara itu, YouTuber sekelas Tzuyang menerima bayaran yang sama dari perusahaan makanan untuk sekali promosi produk di videonya tanpa terikat kontrak dalam jangka waktu tertentu.