Ingin Vario Techno 125 Kamu Lebih Beringas? Ini Dia Rahasia Setting CVT Tanpa Bubut!
- Google Image
Olret – Bagi para pemilik Honda Vario Techno 125, ada kabar gembira! Kamu bisa merasakan performa motor yang lebih bertenaga dan maksimal, baik di putaran bawah maupun atas, tanpa perlu melakukan ubahan ekstrem pada mesin. Kuncinya? Optimalkan settingan pada bagian CVT dengan substitusi part simpel!
Tidak perlu pusing dengan bubut-membubut, cukup dengan mengganti beberapa komponen CVT, Vario Techno 125 kesayanganmu bisa jadi lebih ganas. Yuk, simak panduan lengkapnya!
Langkah 1: Ringankan Bobot Roller untuk Akselerasi Kilat!
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengganti satu set roller Vario Techno 125 dengan milik Suzuki Skywave. Mengapa Skywave? Karena bobot roller standar Vario Techno 125 adalah 18 gram, sementara roller Skywave hanya 15 gram. Perbedaan bobot ini akan membuat tarikan bawah motor terasa lebih enteng dan akselerasi jadi lebih cepat.
Penting: Ukuran roller Skywave sama persis dengan Vario Techno 125, jadi bisa langsung "plek" tanpa perlu modifikasi rumah roller. Pastikan kamu memilih roller orisinal Suzuki Skywave. Roller orisinal memiliki bobot yang lebih presisi dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan roller aftermarket.
Logikanya: Roller yang lebih ringan akan mendorong puli lebih cepat, sehingga motor lebih responsif saat start awal atau stop-and-go.
Langkah 2: Per CVT Honda PCX, Jaminan Putaran Atas Maksimal!
Setelah akselerasi bawah sudah mantap, langkah selanjutnya adalah memastikan putaran atas motor tidak loyo. Kunci untuk ini ada pada per CVT. Untuk bagian ini, sangat disarankan menggunakan part substitusi pabrikan untuk daya tahan yang lebih baik.
Pilihan yang tepat adalah per CVT milik Honda PCX. Per CVT PCX dibanderol sekitar Rp 34 ribu di dealer resmi Honda, dan punya keunggulan lebih panjang dan lebih kaku dibandingkan per standar Vario. Meskipun begitu, jangan khawatir soal pemasangan, karena per CVT PCX ini bisa langsung dipasang di CVT Vario tanpa perlu ubahan apapun.
Alasannya: Part asli, seperti per CVT PCX orisinal, didesain dan dibuat sesuai dengan kebutuhan berkendara harian, sehingga memiliki daya tahan dan kinerja yang optimal. Per CVT PCX yang lebih panjang dan kaku ini akan membuat putaran atas Vario 125 PGM-FI lebih maksimal.
Hasilnya: Kombinasi roller ringan dan per CVT PCX akan membuat Vario Techno 125-mu menjadi lebih seimbang. Enak diajak stop-and-go karena akselerasi mantap, tapi juga tidak "kedodoran" di trek lurus panjang.
Siap Rasakan Sensasi Vario Techno 125 yang Lebih Beringas?
Modifikasi CVT ini tergolong simpel namun memberikan dampak signifikan pada performa Vario Techno 125. Selamat mencoba dan rasakan sendiri perbedaan tarikan motor kesayanganmu!