Cara menggunakan Google Trends untuk SEO

Google Membuat Browser Chrome Lebih Cepat di macOS
Sumber :
  • google image

Olret – Jika Anda pernah melakukan riset kata kunci, Anda pasti pernah menggunakan Google Trends untuk mengecek minat pada setiap kata kunci. Namun banyak profesional SEO tidak pernah menggunakan potensi penuh dari alat yang berguna ini.

Inilah alasan mengapa kami memutuskan untuk menulis blog di Google Trends, cara menggunakan Google Trends untuk SEO, dan masih banyak lagi. Di sini, kami akan membahas beberapa cara fantastis menggunakan Google Trends untuk membantu SEO dan strategi pemasaran konten Anda. Tapi pertama-tama mari kita cari tahu apa itu Google Trends.

Google Trends adalah alat yang sangat berharga bagi pemasar yang serius. Karena kekuatannya, penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakannya dengan benar dan tidak “menemukan tren” yang sebenarnya tidak ada. Di sini, Anda akan mengetahui segalanya tentang Google Trends dan cara menggunakan Google Trends untuk SEO.

Apa itu Google Trends?

Google Trends adalah alat gratis yang menawarkan grafik dan data tentang popularitas istilah pencarian tertentu yang digunakan di YouTube dan Google. Awalnya ditemukan pada tahun 2006 dan versi terbaru dirilis pada Mei 2018. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk:

  1. Cari tahu apa yang sedang tren saat ini
  2. Mengidentifikasi topik dan subtopik yang sedang tren dalam tema industri yang menyeluruh
  3. Identifikasi tren pencarian geografis lokal di wilayah spesifik Anda
  4. Temukan tren pencarian geografis lokal di wilayah Anda

Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO

Riset kata kunci- Anda dapat melakukan riset kata kunci gratis di Google Trends dengan memasukkan istilah pencarian tertentu di kotak pencarian yang ditampilkan di beranda. Secara default, ini menjalankan pencarian kata kunci Google yang paling umum - tetapi Anda dapat mengubahnya untuk menjelajahi data pencarian YouTube.

Google Trends akan menampilkan grafik popularitas istilah pencarian tertentu dibandingkan tahun sebelumnya. Anda juga dapat mengubah jangka waktu dengan menambah rentang tanggal.

Melihat data 2 atau 3 tahun terakhir, dibandingkan hanya satu tahun terakhir, dapat membantu Anda membedakan antara tren asli dan palsu.

Fitur riset kata kunci membantu mengidentifikasi kata kunci yang semakin populer dan menghindari kata kunci yang menjadi kurang populer secara real-time